Powered By Blogger

Minggu, 11 Januari 2015

Enginer dibalik Wahana Rakyat Kora-Kora

Apakah anda pernah mendatangi sebuah pesta rakyat? ya pesta rakyat, sebuah taman bermain yang memiliki beberapa wahana yang sungguh sangat merakyat dan tidak kalah seru dibanding wahana-wahan modern yang terdapat di taman bermain modern.

Salah satu wahana yang seru dan menantang adalah wahana Kora-kora. Wahana ini berbentuk seperti kapal atau perahu besar yang berkapasitas 10 sampai 15 orang, wahana ini sangat memacu adrenalin karena kapal atau perahu besar ini akan di ayun ke kiri dan ke kanan sampai mendapatkan puncak ayunan tertinggi. Pada awal menaiki wahana ini mungkin anda akan merasa nyaman dan sangat enak karena wahana ini diayun seperti bermain ayuanan, namun lama kelamaan anda akan merasa jantung anda seakan jatuh dari ketinggian ketika operator mengayunkan kapal atau perahu besar ini sampai kepada ayunan tertinggi.Namun taukan anda apa yang menyebabkan perahu ini bisa mengayun dengan tinggi? apakah perahu itu diayun oleh beberapa orang? lalu apakah mungkin beberapa orang mampu mengayun perahu besar itu ditambah lagi dengan orang yang menaiki wahana tersebut? jawabannya adalah seperti gambar di bawah ini


Seperti yang kita lihat dalam gambar, bagian bawah perahu memiliki semacam lintasan yang menjadi lintasan sebuah ban di bawahnya. Ban tersebut digerakkan oleh sebuah mesin diesel biasa dimana si operator tinggal mengatur kecepatan dan arah putar dari mesin diesel tersebut sehingga berpangaruh pada ban yang terpasang kepadanya. Pada saat perahu berada pada titik berat awal yaitu pada titik tengah bagian bawah perahu yang menjadi lintasan ban akan bergesekan dengan ban, sehingga apabila ban berputar maka perahu akan bergerak searah putar ban, kecepatan perahu itu berpengaruh pada gaya gesek antar ban dengan bagian bawah perahu dan juga kecepatan ban saat memberikan gaya gesek pada perahu. Begitu seterusnya sampai perahu mendapatkan titik ayunan tertinggi. Lalu ketika perahu ingin berhenti maka ban tinggal di putar berkebalikan dengan arah datangnya perahu idengan demikian akan menghasilkan gaya gesek yang besar sehingga perahu bisa diberhentikan atau dengan kata lain mekanisme tersebut mekanisme pengereman.

Begitulah ilmu enginer yang berada pada salah satu wahana yang merakyat yaitu Kora-Kora, ilmu enginer yang tidak kita sadari. Salam enginer!



0 komentar:

Posting Komentar

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com