Powered By Blogger

Rabu, 03 Desember 2014

Metode Ackerman Steering

Halo sobat cendolan kali ini saya ingin membagi sedikit ilmu yang saya ketahui dan saya pelajari yaitu tentang metode Ackerman Steering. Kebetulan metode ini sedang saya pelajari untuk tugas akhir saya tentang Ackerman Steering pada mobil listrik. Oke langsung saja yak....

Ackerman Steering adalah metode yang digunakan pada sistem steering mobil pada umumnya. Empat roda pada sistem yang menggunakan metode ini memiliki dua fungsi yang berbeda, kedua roda di depan digunakan untuk melakukan pergerakan berbelok ke kanan dan ke kiri. Sedangkan kedua roda di belakang digunakan untuk melakukan pergerakan maju dan mundur.
Keunggulan dari sistem ini adalah mempunyai pergerakan yang stabil pada permukaan tidak rata, kontrol kecepatan dan arah terpisah, dan memiliki dua motor. Kelemahan dari sistem ini adalah tidak dapat berputar di tempat, dan sistem mekaniknya kompleks dimana dua roda belakang digerakkan motor penggerak dan dua roda depan dikendalikan secara bersamaan dengan gerakan belok kanan dan kiri. Sistem car steering menawarkan stabilitas yang bagus, dan pada prinsipnya dua roda belakang sebagai penggerak digerakkan oleh satu motor dan dua roda depannya hanya berfungsi sebagai kemudi. Pengendalian Ackerman merupakan bentuk pengendalian roda yang menggunakan dua roda depan, untuk membelok ke kanan atau ke kiri. Sedangkan dua roda dibelakang digunakan sebagai pendorong, dengan kecepatan yang sama pada dua roda tersebut. Pengedali ini bisa menggunakan motor baik motor DC, stepper ataupun servo tergantung dari kebutuhan.


Gambar Mekanik Ackerman Steering

Ackerman Steering dikenal juga sebagai kemudi tipe mobil. Metode ini menggunakan dua roda depan, terkadang menggunakan satu roda yang berbelok bersama untuk menghasilkan gerak belok. Tipe kemudi lebih presisi dibandingkan kemudi differensial dalam menelusuri lintasan tertentu. Tipe kemudi ini juga bekerja baik pada kecepatan tinggi seperti pada semua tipe mobil dan mobil balap. Kelemahan tipe kemudi Ackerma Steering ialah tidak mampu berotasi terhadapa sumbu vertikalnya sendoro. Selain itu, radius beloknya dibatasi oleh jarak roda depan belakang dan sudut belok roda depan.


Gambar Metode Ackerman Steering
Keterangan:
d   :lateral wheel separation
l    : longitudinal wheel separation
θi   : relative angle of inside wheel
θ: relative angle of outside wheel


Gambar Persmaan Ackerman Steering



0 komentar:

Posting Komentar

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com